Senin, 07 Mei 2012

Fungsi Komunikasi Massa

Komunikasi Massa atau Komunikasi melalui Media Massa. Ketika kita membicarakan Komunikasi Massa, berarti juga kita sebenarnya membahas keberadaan media Massa.
Maka dari itu, dengan pengertian Fungsi Komunikasi akan terlihat posisi media massa dalam sebuah pemerintahan dimana Media Massa itu berada.

Fungsi Informasi
Fungsi ini merupakan bagian yang paling penting dalam komunikasi Massa
Fungsi Informasi adalah berita - berita yang disajikan (iklan juga termasuk)
Penyajiannya dalam 5W + 1H
Jacob Oetama (2001) sebuah berita bukanlah kejadiannya, tetapi laporan tentang suatu kejadian yang aktual dan bermakna

Fungsi Hiburan
Fungsi ini menduduki posisi paling penting di bandungkan fungsi - fungsi yang lain, dikarenakan masyarakat kita menjadikan media ini (TV) sebagai media hiburan, karenanya TV membuat istilah prime time dalam waktu tayangannya. Sedangkan media cetak menempatkan berita pada posisi paling atas.

Fungsi Persuasi
Fungsi ini tidak kalah pentingnya dengan Fungsi Informasi dan Hiburan. Tulisan pada tajuk rencana, artikelm dan surat pembaca merupakan contoh tulisan persuasif.
Iklan ; tujuan iklan yaitu mempengaruhi penonton untuk mengikuti apa yang dikatakan iklan tersebut
Kampanye Politik secara periodik = murni persuasif

Josepha Devito (1997)
Fungsi persuasi dianggap sebagai fungsi yang paling penting dari komunikasi massa .
Persuasi bisa datang dari berbagai macam bentuk :
1).Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang
2).Mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang
3).Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu, dan
4).Memperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai tertentu

Fungsi Transmisi Budaya
Fungsi ini merupakan fungsi yang paling luas meskipun sedikit di bicarakan, Transmisi Budaya mengambil tempat dalam dua tingkatan:
1. Kontemporer : Media Massa memperkuat konsensus nilai masyarakat
2. Historis : Menambahkan / Melewati pengalaman baru menuju masa depan

Fungsi Mendorong Kohesi Sosial
Kohesi = Penyatuan. Paul Lazarfeld & Robert K Merton pernah mengatakan bahwa media mempunyai fungsi narcotising dysfunction (racun pembius), meskipun istilah ini agak extreme, namun tidak bisa dipungkiri media masa yang tidak dikelola dengan bijal atau hanya mengejar keuntungan materi bisa menjadi "racun" bagi masyarakat.

Fungsi Pengawasan
Lasswell, komunikasi massa mempunyai fungsi pengawasan. Fungsi pengawasan di bagi menjadi 2:
1. Pengawasan Peringatan : Informasi tentang peristiwa bencana (Aktivitas Gunung yang akan erupsi)
2. Pengawasan Instrumental : Informasi mengenai harga kebutuhan pokok dan sembako

Fungsi Korelasi
Adalah fungsi yang menghubungkan bagian - bagian masyarakat agar sesuai dengan lingkungannya. Fungsi ini adalah peran media masa sebagai penghubung (korelasi) antara berbagai komponen masyarakat. Hal tersebut juga berlaku dalam pemasangan iklan, Iklan akan menghubungkan antara pemasangan iklan dengan sasaran iklan tersebut, contohnya iklan kosmetik
Iklan dalam media massa akan menghubungkan antara produsen kosmetik, biro iklan dengan para ibu, remaja putri, atau sasaran lainnya.

Fungsi Pewarisan Sosial
Media massa berfungsi sebagai seorang pendidik, baik formal maupun informal yang mencoba meneruskan atau mewariskan suatu ilmu pengetahuan, nilai, norma, pranata, dan etika dari suatu generasi ke generasi berikutnya.
Black & Whitney (1988) pewarisan sosial sama dengan transmisi budaya, sebab yang namanya budaya meliputitiga hal, yakni ide / gagasan, aktivitas, dan benda - benda hasil kegiatan.
Dengan kata lain, Ide sebagai sebuah warisan merupakan unsur dalam budaya